18 October 2010

Harga sebuah Kejujuran

Kejujuran sangat amat mahal!
Ya, jujur jadi hot issue banget di semester5 ini. Gw mulai mencoba untuk jadi orang jujur sejak tengah tahun ini. Bukannya sebelumnya gw ga jujur, tapi gw berusaha untuk lebih jujur berbaggai hal, termasuk jujur sama diri gw sendiri.

Sebenernya klise sih, tapi gw merasa sebuah kejujuran bisa membuat hidup lo jadi lebih baik. Itu pasti, walau dampaknya ga dirasain secara jelas. Ga ada gunanya lo bohong. entah itu bohong tentang apa, mungkin bohong tentang perasaan ga suka lo sama temen lo, mungkin perasaan sedih saat lo harus ditinggalin orang lain, mungkin juga perasaan kecewa dengan diri lo sendiri. Just show it! Ekspresikan apa yang lo rasain! kepada siapapun itu. temen lo, ortu lo, pacar lo, kakak lo, dengan siapapun itu.
Mungkin banyak orang yang memilih untuk berbohong karena mereka merasa akan menyakiti orang lain. Itu pemikiran yang salah sih menurut gw. Salah karena ga semua yang lo pikir akan menyakitkan orang lain akan menyakiti orang itu. Mungkin aja dengan lo ngomong yang sebenernya justru akan membantu orang itu. Memang sih ga semua hal bisa lo ungkapkan dengan blak-blakan, jadi harus dipilih-pilih juga yang mana yang bisa/boleh kita ekspresikan.

Kenapa gw tiba2 menulis tentang ini? gw merasa di semester 5 ini makin banyak masalah yang muncul yang berawal dari kejujuran. Yang paling sering gw temuin sih, masalah kejujuran seorang teman terhadap teman yang lainnya. Bahkan seorang teman bisa-bisanya membicarakan keburukan orang lain di belakang temannya itu. Banyak yang memilih untuk menjadikan keburukannya sebagai omongan di belakang punggung, bukan memilih untuk membicarakan masalahnya secara langsung. Bagi gw, kalo memang lo ga suka sama seseorang, ya dibicarakan saja baiknya. Jangan sampe ngomongin di belakang dan nantinya jadi masalah besar karena lo menceritakan masalah ini ke banyak teman yang punya persepsi beda-beda dan membuat orang yang lo omongin itu dimusuhin banyak orang. jatohnya jadi seperti ngehasut gitu lah, secara tidak langsung. Dan ini adalah attitude yang sangat amat buruk sekali! Maaf, tapi gw ga bisa nolerir ini dengan alasan apapun.

Bagi gw, kejujuran adalah salah satu elemen penting dalam satu hubungan. Hubungan pertemanan, percintaan, keluarga, organisasi, atau apapun itu lah. Karena dari kejujuran akan timbul kepercayaan yang nantinya menciptakan kenyamanan bagi semua pihak yang terlibat dalam hubungan itu. Yang perlu diingat, cara kita mengekspresikan kejujuran itu harus tepat, jangan sampe kejujuran ini malah menambah masalah, bukan menyelesaikan.

Mungkin banyak yang mikir: Lha? Lo sendiri ngomongin orang di belakangnya, berarti lo ga jujur juga dong? Hmm... bener juga sih. Tapi konteksnya gw bukan orang yang secara langsung bermasalah dengan dia. Gw memiliki seorang teman yang diperlakukan seperti ini, jadi gw tergerak saja untuk membuat sebuah tulisan yang sifatnya mengajak untuk bersikap jujur supaya ga ada lagi orang-orang yang bernasib sama dengan teman gw ini.

0 comments:

Post a Comment

About me

My photo
Bogor, Indonesia
selamat menikmati tulisan-tulisan gw! Tips: istirahatkan sejenak kognitif kalian dan kalian akan dapat menikmati tulisan-tulisan di blog ini hanya dengan afektif kalian. Regards, ms. cloudy-sky. :)

Followers

Powered by Blogger.
 

cloudysky Design by Insight © 2009